Jumat, 29 Maret 2013

“Ganbatte Kudasai “



“Ganbatte Kudasai “, kata ini merupakan kata yang sering diucapkan oleh guru sekolah Jepang saat akihr pelajaran. Kata “Ganbatte” adalah “Semangat”, orang Indonesia sering mengucapkan “Cayo” !!!
Ganbatte yang dalam bahasa Inggrisnya adalah “Never Give up” mempunyai makna “Jangan Menyerah”. Semangat merupakan gambaran manusia masih memiliki harapan hidup, harapan untuk berjuang. Semangat dalam kesehariannya, guru guru sekolah di Jepang mengucapkannya untuk menyemangati murid-muridnya untuk tetap belajar dan pantang menyerah.
“Man Jadda Wajada” mahfudzot atau ungkapan pepatah arab, yang mempunyai arti : “Siapa yang bersungguh-sungguh, dia akan berhasil!!”  seiring dengan (Surat Ar-Ra’d : 11) yang dikatakan bahwa, “…. Innallaha laa yughayyiru maa bi qoumin, hatta yughoyyiru maa bi anfusihim…” “Sesungguhnya Allah tidak akan mengubah keadaan suatu kaum, sebelum mereka mengubah keadaan mereka sendiri”.

asal kata: “Ganbaru” (頑張る / がんばる)artinya : “Berusaha”

Ganbatte (がんばって) merupakan kependekan dari "Ganbatte Kudasai", yang artinya “Berusahalah/Bersemangatlah”!

dalam bahasa Jepang bila kata kerja ditambah Kudasai maka artinya semacam anjuran atau permohonan. untuk menyemangati diri sendiri bisa mengatakan: “Ganbattemasu!! がんばってます!

“Ganbatte Kudasai” (頑張ってください) yang berarti “lakukan sebaik mungkin”, “jangan menyerah” atau “berikan usaha terbaik”.

Kata dasar dari Ganbatte adalah “Gambaru” (頑張る) yang berarti...

the idea of sticking with a task with tenacity until it is completed—of making a persistent effort until success is achieved.
“Bekerja/berusaha keras pada tugas sampe tugas itu selesai – berusaha keras hingga mencapai sukses.”

Bangsa Jepang bisa menjadi bangsa yang kuat dan maju karena mereka senantiasa menurunkan filosofi "ganbatte" kepada generasi muda. Guru di sekolah-sekolah Jepang senantiasa memberikan kata-kata ini untuk menyemangati anak-anak didik mereka. 


Tidak ada komentar: